Magister

Melalui Program Magister di Universitas Alma Ata, Kami siap mengantarkan mahasiswa menjadi calon ilmuwan muda (Young Scientist) atau manajer tingkat menengah (middle manager) yang berwawasan internasional dan bercita-cita memasuki dunia kerja tingkat global.

Magister

Magister Kesehatan Masyarakat

Program

  1. REGULER
    Diperuntukkan untuk calon manajer atau ilmuwan muda yang bercita-cita mengisi dan berkontribusi terhadap pembangunan kesehatan Indonesia, baik itu pada Institusi Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, Lembaga Swadaya Masyarakat atau Institusi lainnya baik pemerintah atau swasta.
  2. INTERNASIONAL
    Program ini cocok untuk calon ilmuwan muda (Young Scientist) atau manajer tingkat menengah (Middle Level Manager) yang berwawasan Internasional dan bercita-cita memasuki dunia kerja tingkat global, atau ingin menjadi dosen/peneliti muda yang berwawasan Internasional. Oleh karena itu, dalam program ini bahasa pengantar kuliah dan penulisan Thesis menggunakan bahasa Inggris dengan dosen dan instruktur yang berasal dari Internasional.
  3. FAST TRACK
    Program ini diperuntukkan bagi Mahasiswa Universitas Alma Ata Semester V dari seluruh program studi yang berkeingingan menjadi Ilmuan Muda lebih cepat dengan melanjutkan pendidikan S2 bersamaan dengan pendidikan S1.

Persyaratan Umum

  1. PROGRAM REGULER
    a. Warga Negara Indonesia
    b. Warga Negara Asing (WNA), wajib melampirkan ijin dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) atau kementerian agama RI – Ditjen Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Kemenag DIKTIS)
    c. Telah Lulus pendidikan Diploma IV dan atau Sarjana (S1) dari semua Program Studi
  2. PROGRAM INTERNASIONAL
    a. Warga Negara Indonesia
    b. Warga Negara Asing (WNA), wajib melampirkan ijin dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) atau kementerian agama RI – Ditjen Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Kemenag DIKTIS)
    c. Telah Lulus pendidikan Diploma IV dan atau Sarjana (S1) dari semua Program Studi
    d. Memiliki Passport atau Bersedia Membuat Passport
  3. PROGRAM FAST TRACK
    a. Mahasiswa Universitas Alma Ata Semester VII dan telah menempuh minimal 110 sks pada Program Sarjana
    b. Memiliki IPK ≥ 3,25 pada semester VII
    c. Lolos seleksi administrasi yang dilakukan oleh Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat UAA

Alur Pendaftaran

1. Melakukan proses pendaftaran secara online di laman pmb.almaata.ac.id. Proses ini dapat dilakukan di mana saja (tidak harus datang ke tempat pendaftaran):

Langkah Pendaftaran:
a) Membuat akun pendaftaran pada Menu "Isi Formulir Pendaftaran" menggunakan email yang dimiliki pendaftar;
b) Isikan data awal sesuai data diri pendaftar;
c) Memilih program studi dan Peminatan;
d) Mendapatkan Kartu pendaftaran yang akan digunakan untuk keperluan pembayaran pendaftaran;

2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan menyebutkan nomor pendaftaran. Pembayaran formulir dapat dilakukan di semua Teller Bank, ATM, Internet Banking dan Mobile Banking Bank Indonesia. Informasi terkait pembayaran tertera pada kartu pendaftaran.

3. Melakukan Login kembali ke akun PMB UAA untuk mengunggah berkas pendaftaran

4. Berkas dilakukan Asessmen oleh Asesor Program Studi

5. Melakukan Tes Wawancara sesuai dengan waktu yang telah ditentukan

6. Melakukan dan mengupload bukti Tes Kesehatan (bagi yang mendaftar di Program Studi di Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan).

7. Melihat hasil pengumuman penerimaan mahasiswa di Akun PMB UAA satu hari setelah selesai dilaksanakan proses wawancara

Bagi pendaftar yang dinyatakan diterima dapat mencetak Hasil Seleksi dan melanjutkan ke tahap Registrasi.
Bagi pendaftar yang dinyatakan tidak diterima dapat mendaftar kembali menggunakan akun pendaftaran yang telah dibuat di awal dan dapat memilih jalur seleksi yang sama atau jalur seleksi lain

8. Melakukan Registrasi yang dinyatakan diterima dengan :

Membayar Registrasi Tahap 1 biaya pendidikan sesuai nominal yang ada pada hasil seleksi

Mengunggah berkas registrasi yang dilampikan bersama surat pernyataan diterima (LoA)

Syarat Program Fast Track

  1. Mahasiswa Universitas Alma Ata yang sudah menyelesaikan studi semester VII dan telah menempuh minimal 110 SKS pada jenjang S1
  2. Memiliki IPK ≥ 3,25 pada semester VII
  3. Mengisi formulir pendaftaran
  4. Membayar biaya pendaftaran melalui bank, atm dan atau mobile banking
  5. Scan/Pindai Transkrip Nilai dari semester 1 pada pendidikan S1
  6. Sertifikat IBT TOEFL, ITP TOEFL atau Alma Ata English Proficiency Test (AAEPT) dengan Skor ≥ 450 (program regular) dan ≥ 475 (program Internasional). Jika belum memiliki dapat disusulkan maksimal pada semester 2.
  7. Surat rekomendasi dari Dekan Fakultas dan Ketua Program Studi pada jenjang S1 
  8. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah 
  9. Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik negeri/swasta atau Alma Ata Medical Center)
  10. Curriculum Vitae
  11. Scan/Pindai KTP atau Passport calon mahasiswa
  12. Scan/Pindai KTP Orangtua/wali calon mahasiswa
  13. Scan/Pindai Scan/Pindai Kartu Keluarga
  14. Pass Photo terbaru
  15. Scan/Pindai Surat Pernyataan Keaslian Dokumen

Waktu Pendaftaran

Kegiatan Waktu
Periode Perkuliahan Februari 2024
Pendaftaran 1 Oktober 2023 s/d 31 Januari 2024
Unggah Berkas Pendaftaran dan Tes Kesehatan 1 Oktober 2023 s/d 31 Januari 2024
Wawancara Setelah Tes Kesehatan dilaksanakan
Pengumuman Kelulusan 1 Hari setelah Proses Wawancara
Registrasi Paling lambat 7 hari setelah dilaksanakan Pengumuman Kelulusan
Kuliah Perdana 15 February 2024
Periode Perkuliahan September 2024
Pendaftaran 1 Februari 2024 s/d 30 Juli 2024
Unggah Berkas Pendaftaran dan Tes Kesehatan 1 Februari 2024 s/d 30 Juli 2024
Wawancara Setelah Tes Kesehatan dilaksanakan
Pengumuman Kelulusan 1 Hari setelah Proses Wawancara
Registrasi Paling lambat 7 hari setelah dilaksanakan Pengumuman Kelulusan
Kuliah Perdana 9 September 2024

Biaya Pendaftaran

Biaya Pendaftaran Program S2 Kesehatan Masyarakat Rp.750.000.,

Program

  1. Regular : setiap hari pada jam kerja
  2. Program Sore Hari : Mulai Pukul 16.00 WIB, dikhususkan untuk para praktisi yang bekerja
  3. Kelas Weekend (Jumat, sabtu, minggu) : Jum’at siang mulai Pukul 13.00 WIB; Kelas Sabtu dan Minggu bisa FULLDAY dari pagi
  4. Intensive Course (Dilaksanakan dengan kesepkatan dari satu angkatan dengan minimal 15 mahasiswa yang peminatannya sama)

Keterangan:
Program 1, 2, 3 akan berjalan jika jumlah minimum mahasiswa terpenuhi (25 mahasiswa)
Program 1 (regular) cocok untuk mahasiswa yang belum punya kesibukan atau diberikan tugas belajar dari instansi
Program 2 dan 3 cocok untuk mahasiswa yang tidak bisa meninggalkan pekerjaan sehari-hari

Riset

Mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Agama Islam akan dibimbing untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat meliputi: (a) pengembangan pendidikan agama Islam yang inovatif,  (b) inovasi kurikulum pendidikan agama Islam (psikologi-humanis), (c) pengembangan media dan sumber belajar berbasis informasi dan teknologi serta riset terbarukan (sistem berbasis big data), (d) inovasi pengelolaan pendidikan Islam (networking, TQM-SPMI), dan (e) diffusi inovasi pendidikan Islam.

Mahasiswa juga disyaratkan untuk mempublikasikan minimal satu karya ilmiah pada jurnal-jurnal internasional berindex Q1 sampai Q4, sebagai syarat kelulusan. Dengan adanya hal ini tentunya akan menghasilkan magister yang memiliki luaran karya tulis ilmiah baik dilevel nasional maupun internasional.

Persyaratan Umum

  1. Lulusan S1/sederajat dibuktikan dengan (minimal) Surat Keterangan Lulus, lulus perguruan tinggi luar negeri menyertakan fotokopi surat keterangan penyetaraan ijazah dari kemenristekdikti atau Kemenag yang dilegalisir
  2. Transkip nilai jenjang sarjana (S1)
  3. Lulus dari Prodi yang terakreditasi dan terdaftar dalam PD-Dikti
  4. Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL/TOEC/IKLA (jika ada)
  5. Mengupload Pas Foto Formal terbaru dengan latar biru atau biru berukuran maksimal 1 MB

Syarat Pendaftar

Syarat Pendaftaran Program Non Tes

  • Lulusan S1 PAI (atau berasal dari luar jurusan S1 PAI) dari Perguruan Tinggi terakreditasi minimal baik
  • IPK peserta minimal 3,25


Syarat Pendaftaran Program Fast Track

Fast Track adalah mahasiswa percepatan antara S1 menuju S2 dengan ketentuan mahasiswa yang memiliki jurnal terakreditasi by research dengan ketentuan proses pembelajaran waktu 5 tahun dengan rincian yaitu :

  • S1 = 3,5 tahun
  • S2 = 1,5 tahun


Syarat Pendaftran Program Portofolio

  • Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL/TOEC/IKLA atau yang setara minimal 450
  • Proposal rencana penelitian Tesis
  • Surat Rekomendasi dari dosen atau guru besar, atau atasan bagi yang bekerja
  • Daftar publikasi karya ilmiah yang telah diterbitkan (jika ada)
  • Kepemimpinan (dibuktikan dengan CV dan sertifikat pendukung)

Waktu Pendaftaran

Kegiatan Waktu
Periode Perkuliahan Februari 2024
Pendaftaran 1 Oktober 2023 s/d 31 Januari 2024
Unggah Berkas Pendaftaran dan Tes Kesehatan 1 Oktober 2023 s/d 31 Januari 2024
Wawancara Setelah Tes Kesehatan dilaksanakan
Pengumuman Kelulusan 1 Hari setelah Proses Wawancara
Registrasi Paling lambat 7 hari setelah dilaksanakan Pengumuman Kelulusan
Kuliah Perdana 15 February 2024
Periode Perkuliahan September 2024
Pendaftaran 1 Februari 2024 s/d 30 Juli 2024
Unggah Berkas Pendaftaran dan Tes Kesehatan 1 Februari 2024 s/d 30 Juli 2024
Wawancara Setelah Tes Kesehatan dilaksanakan
Pengumuman Kelulusan 1 Hari setelah Proses Wawancara
Registrasi Paling lambat 7 hari setelah dilaksanakan Pengumuman Kelulusan
Kuliah Perdana 9 September 2024

Biaya Pendaftaran

Biaya Pendaftaran Program S2 Kesehatan Masyarakat Rp.500.000.,

Magister Pendidikan Agama Islam

Isi Formulir Pendaftaran

Untuk melakukan pengisian formulir pendaftaran, silahkan klik tombol di bawah ini

Bantuan

Jika anda membutuhkan bantuan kami silakan klik kontak Admin di bawah ini

Admin Penerimaan Mahasiswa Baru

Atau dapat menghubungi kami via e-mail: pmb.uaa@almaata.ac.id atau melalui telepon (0274) 4342270