RPL - Rekognisi Pembelajaran Lampau
Pengertian
Persyaratan Dokumen
- Surat keputusan, surat keterangan,surat tugas, dan atau bukti-bukti lain yang terkait dengan tugas pekerjaan yang dilakukan.
- Ijazah dan atau transkip nilai bagi lulusan D1, D2, D3, S1, untuk transfer kredit.
- Surat keterangan Pernah Kuliah (SKPK) khusus bagi calon mahasiswa yang putus kuliah untuk transfer kredit; Daftar riwayat pekerjaan dengan rincian tugas yang dilakukan.
- Sertifikat kompetensi*.
- Sertifikat pengoperasian/lisensi yang dimiliki*.
- Dokumentasi aktivitas/pekerjaan yang pernah dilakukan misal dalam bentuk foto,video, pemberitaan yang dimuat secara online maupun cetak atau melalui sosial media.
- Sertifikat/bukti pelatihan kerja.
- Keanggotaan asosiasi profesi yang relevan*.
- Referensi/Surat keterangan/Laporan verifikasi pihak ketiga dari pemberi kerja/supervisor.
- Piagam penghargaan*.
- Dokumen lain yang mendukung.
*jika memiliki
Syarat Pendaftar
- Calon adalah lulusan SMA atau sederajat dengan pengalaman kerja
- Calon adalah Peserta Alih Progam (Dari D3 ke S1 atau Dari D4/S1 ke S2)
- Calon adalah Peserta Alih Progam (Dari D3 ke S1 atau Dari D4/S1 ke S2) dan dengan pengalaman kerja
- Calon adalah Putusan Kuliah/Tidak menyelesaikan Perkuliahan Jenjang Sarjana/Magister
- Calon adalah Putusan Kuliah/Tidak menyelesaikan Perkuliahan Jenjang Sarjana/Magister dan dengan pengalaman kerja
Pilihan Program Studi
NAMA PROGAM STUDI | AKREDITASI | SYARAT PESERTA |
FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN (FIKES) | ||
S1 GIZI | A | 1, 3, 4, 5 |
S1 KEPERAWATAN | B | 1, 3, 4, 5 |
S1 KEBIDANAN | BAIK | 2 |
S1 ADMINISTRASI RS | B | 1, 3, 4, 5 |
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN (FITK) | ||
S1 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | A | 1, 3, 4, 5 |
S1 PENDIDIKAN GURU MI | B | 1, 3, 4, 5 |
S1 PENDIDIKAN GURU SD | UNGGUL | 1, 3, 4, 5 |
S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA | BAIK SEKALI | 1, 3, 4, 5 |
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) | ||
S1 EKONOMI SYARIAH | B | 1, 3, 4, 5 |
S1 PERBANKAN SYARIAH | BAIK SEKALI | 1, 3, 4, 5 |
S1 MANAJEMEN | BAIK SEKALI | 1, 3, 4, 5 |
S1 AKUNTANSI | BAIK | 2 |
FAKULTAS KOMPUTER DAN TEKNIK (FKT) | ||
S1 INFORMATIKA | BAIK | 2 |
S1 SITEM INFORMASI | B | 1, 3, 4, 5 |
PROGRAM MAGISTER | ||
S2 KESEHATAN MAGISTER | BAIK SEKALI | 1, 3, 4, 5 |
Waktu Pendaftaran
Kegiatan | Waktu |
Periode Perkuliahan Februari 2025 | |
Pendaftaran | 1 Oktober 2024 s/d 31 Januari 2025 |
Unggah Berkas RPL | 1 Oktober 2024 s/d 31 Januari 2025 |
Proses Asessmen Berkas RPL (termasuk wawancara) | Paling lama 14 Hari sejak Berkas RPL di input oleh Calon Mahasiswa |
Pengumuman Kelulusan | 1 Hari setelah Proses Asessmen Berkas RPL selesai dilaksanakan |
Registrasi | Paling lambat 7 hari setelah dilaksanakan Pengumuman Kelulusan |
Pengenalan Sistem Akademik | 12 - 14 Februari 2025 |
Kuliah Perdana | 15 February 2025 |
Periode Perkuliahan September 2025 | |
Pendaftaran | 1 Februari 2025 s/d 30 Juli 2025 |
Unggah Berkas RPL | 1 Februari 2025 s/d 30 Juli 2025 |
Proses Asessmen Berkas RPL (termasuk wawancara) | Paling lama 14 Hari sejak Berkas RPL di input oleh Calon Mahasiswa |
Pengumuman Kelulusan | 1 Hari setelah Proses Asessmen Berkas RPL selesai dilaksanakan |
Registrasi | Paling lambat 7 hari setelah dilaksanakan Pengumuman Kelulusan |
Pengenalan Sistem Akademik | 4-6 September 2025 |
Kuliah Perdana | 9 September 2025 |
Alur Pendaftaran
1. Melakukan proses pendaftaran secara online di laman pmb.almaata.ac.id. Proses ini dapat dilakukan di mana saja (tidak harus datang ke tempat pendaftaran):
Langkah Pendaftaran:
a) Membuat akun pendaftaran pada Menu "Isi Formulir Pendaftaran" menggunakan email yang dimiliki pendaftar;
b) Isikan data awal sesuai data diri pendaftar;
c) Memilih program studi (maksimal 2 prodi/jurusan);
d) Mendapatkan Kartu pendaftaran yang akan digunakan untuk keperluan pembayaran pendaftaran;
2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan menyebutkan nomor pendaftaran. Pembayaran formulir dapat dilakukan di semua Teller Bank, ATM, Internet Banking dan Mobile Banking Bank Indonesia. Informasi terkait pembayaran tertera pada kartu pendaftaran.
3. Melakukan Login kembali ke akun PMB UAA untuk mengunggah berkas pendaftaran
4. Berkas dilakukan Asessmen oleh Asesor Program Studi
5. Melakukan Tes Wawancara sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
6. Melakukan dan mengupload bukti Tes Kesehatan (bagi yang mendaftar di Program Studi di Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan).
7. Melihat hasil pengumuman penerimaan mahasiswa di Akun PMB UAA satu hari setelah selesai dilaksanakan proses wawancara
Bagi pendaftar yang dinyatakan diterima dapat mencetak Hasil Seleksi dan melanjutkan ke tahap Registrasi.
Bagi pendaftar yang dinyatakan tidak diterima dapat mendaftar kembali menggunakan akun pendaftaran yang telah dibuat di awal dan dapat memilih jalur seleksi yang sama atau jalur seleksi lain
8. Melakukan Registrasi yang dinyatakan diterima dengan :
Membayar Registrasi Tahap 1 biaya pendidikan sesuai nominal yang ada pada hasil seleksi
Mengunggah berkas registrasi yang dilampikan bersama surat pernyataan diterima (LoA)
Biaya Pendaftaran
Pilihan Program Studi di Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan: Rp. 350.000,-
Pilihan Program Studi di selain Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan: Rp. 325.000,-
Isi Formulir Pendaftaran
Untuk melakukan pengisian formulir pendaftaran, silahkan klik tombol di bawah ini
Bantuan
Jika anda membutuhkan bantuan kami silakan klik kontak Admin di bawah iniAdmin Penerimaan Mahasiswa Baru
Atau dapat menghubungi kami via e-mail: pmb.uaa@almaata.ac.id atau melalui telepon (0274) 4342270